Selasa, 18 Oktober 2011

Pengertian Meta Tags


Pertama -tama kita bahas terlebih Pengertian meta tags sebelum kita menuju artikel selanjutnya tentang tata cara memasang meta tags di blogger.ini di maksudkan agar anda yang belum mengerti tentang apa itu meta tag dan fungsinya untuk blog,bisa sedikit memahami dengan membaca artikel yang saya buat ini.

Pengertian Meta Tags.

Menurut definisi yang saya ambil dari total[dot]or[dot]id,Meta tag di definisikan sebagai kode-kode HTML yang ada di bagian halaman sebuah situs/web/blog.meta tags tidak akan muncul di halaman blog anda.pemasangan meta tag ini secara umum di gunakan untuk memberikan informasi tambahan mengenai kondisi sebuah halaman situs kepada robot di mesin pencari.

Dalam penerapannya,meta tags ini terbagi menjadi 2 ,yaitu :

1.Meta Description
Pengertian dari meta description yaitu meta tag yang digunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai isi dari blog anda.fungsi lainnya dari meta tag ini yaitu,untuk menjabarkan dari judul blog anda,sehingga dalam pembuatan meta tag ini,usahakan agar relevan dengan judul yang anda buat.
Mengenai jumlah karakter dari deskripsi ini,ada beberapa pendapat yang berbeda dari para master seo yang saya baca.ada sebagian yang mengatakan jumlah maksimal dari karakter yang kita buat untuk meta description ini 200 karakter,sebagian lagi mengatakan 164 karakter.tapi bila anda ingin memastikan berapa jumlah karakter yang sebaiknya anda gunakan,silahkan lakukan saja cara yang biasa saya pakai,yaitu ketikkan satu kata / kalimat kunci di browser,misal “Pengertian Meta tag”.nanti akan muncul beberapa referesi dari kata kunci yang anda ketikkan tersebut,langkah selanjutnya silahkan hitung manual berapa karakter yang bisa di baca oleh search enggine.dari beberapa referensi tersebut,setelah saya hitung, jumlah karakter yang bisa di baca oleh seacrh enggine antara 146-150 karakter.

2.Meta Keyword
Meta Keyword merupakan kata kunci yang mewakili dari judul dan deskripsi dari blog anda secara keseluruhan atau judul dan deskripsi dari artikel blog anda.fungsi dari meta tag ini untuk lebih menguatkan artikel anda,sehingga bila pengunjung mengetikan kata kunci yang anda targetkan untuk blog/artikel blog anda,maka search enggine akan lebih memprioritaskan blog/artikel blog anda pada halaman pencarian.
Dalam kaitannya dengan search enggine optimation (SEO) ini,menurut para master seo,meta keyword ini tidak begitu penting dalam optimasi di search enggine google,sebab google lebih mengandalkan meta description dalam pencarian di browser.meta keyword ini lebih berguna dalam search enggine yahoo.karena yahoo menggunakan meta keyword dalam pencarian di browsernya.
Dalam pembuatan meta keyword ini,anda perlu memperhatikan beberapa hal,yaitu :jangan mengulang kata lebih dari tiga kali dalam pembuatan kata kunci anda,selain itu buatlah kata kunci yang memang benar-benar relevan dengan judul dan deskripsi blog anda.

Selain dari kedua meta tag tersebut,ada satu lagi meta tag yng cukup penting anda pasang di blog anda,yaitu meta Robots

Meta Robots

Tujuan utama penggunaan meta tag robots adalah untuk menentukan halaman web yang mana bisa diindex oleh spider dan halaman web mana yang tidak. Tag ini sangat berguna sekali terutama jika seuatu
website memakai frame untuk navigasinya. Tentunya kita tidak ingin menampilkan menu-menu dalam frame untuk dibaca oleh search engine. Format dasar dari meta tag robots adalah sebagai berikut :
<meta name="robots" content="index | noindex | follow | nofollow">
Sebagai contoh, jika Anda ingin agar spider membaca main page, dan menelusuri semua link yang ada maka tambahkan perintah berikut ini :
<meta name="robots" content="index follow">
Dengan perintah ini spider akan meng-index main page Anda dan menjadwalkan untuk mengindex halaman-halaman lain yang bisa dicari melalui hyperlink (<a href="">).
Perintah berikut ini akan menginstruksikan agar spider tidak meng-index maupun menelusuri link yang ada pada suatu halaman web.
<meta name="robots" content="noindex nofollow">


Related Articel:

2 komentar:

  1. Wih sangat membantu sekali infonya terutama bagi yang belum mengetahui tentang meta tag.

    bagi agan yang berminat belajar SEO bisa dilihat di situs berikut ini Kursus SEO di Denpasar

    BalasHapus

 

Blog Seo Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates